Maret 17, 2011

PR-PR ku


Duh, pernikahan segera tiba. Waktu berjalan cepat sementara saya jalan di tempat. Saya masih punya banyak PR yg blm saya kerjakan, dibaca pun belum.. eh ini bukan PR ttg resepsi loh, bukan juga soal seserahan apalagi soal materi.. bukan. Ini PR ttg pengetahuan pernikahan.

kamu harus tau, Apa hak kamu dan kewajiban kamu sebagai istri. Apa hak dan kewajiban kamu sebagai orangtua dr anak2mu dan anak menantu dr mertuamu”.  Kata kakak laki2 saya memberi masukan, bahkan bisa dispesifikasikan, nasehat!.

“Berat!” gumam saya saat itu. Darimana saya harus belajar coba? Sejauh ini sih Cuma liat pengalaman orangtua dan kerabat.

Membeli buku ttg nikahan, rajin membaca dan menggali tafsir adalah solusi dr si kakak. Ini dia nih, blm juga saya kerjakan. Kakak saya bahkan sudah membaca dan melahap habis buku2 ttg pernikahan sebelum dia bertemu dgn istri nya skrg. Ah, saya malu. Saya yg konon gonjang ganjing mau nikah musim panas ini, blm baca 1 buku pun. *duuuhh pengen tampar2 muka sendiri* Ampuni saya Ya Allah, atas bebalnya kadang hati ini untuk membuka pengetahuan dan menggali ilmu.


Sungguh saya mau belajar. Saya harus! Saya ingin membahagiakan suami saya, orangtua saya, mertua saya dan anak2 saya kelak. Sebelum ijab saya bertekad, saya harus paham konsep menikah, khususnya ttg hubungan suami istri: apa yg hak buat saya, berarti wajib untuk suami saya, dan yg hak buat dia berarti wajib buat saya.

Pernikahan adalah hal yg saya nanti2 dalam hidup.. bertemu dgn orang tepat juga yg saya tunggu. Skrg, insyaAllah, dibukakan jalannya. Kalau saya bisa fight dan berjuang dgn ganasnya persiapan material nikah, harusnya saya bisa melakukannya untuk rohani saya. Saya harus bisa mengisi kekosongan pengetahuan saya ttg pernikahan dalam Islam. Saya tidak mau menjalani pernikahan tanpa tau apa yg harus saya lakukan, apa yg tidak. Calon saya insyaAllah saya yakini bisa jd imam yg baik, suami yg handal dan ayah yg hebat. Tp kl saya tidak bisa mengimbangi bagaimana dong? Ah.. hayolah dimulai sekarang.. kl ga sempet beli buku, ada e-book dan google yg siap membantu.

Eh tapi, buku mungkin bisa terbeli, tafsir mungkin bisa terbaca, nah.. untuk melakukan dan mengaamalkan ini yg slalu sulit saya rasakan.

Jadi, PR saya masih banyak. Itu baru yg dasar, pernikahan dalam islam, blm yg ideal menurut masyarakat dan budaya. Oh No, bahkan masakan saya masih rasa garam semua!

3 komentar:

irlhet mengatakan...

very inspiring say..me like it :)

Sama nih aku juga terlalu sibuk mikirin ttg acara, tanpa pernah pikirin persiapan mental jd seorang istri..Mudah2an punya cukup waktu buat belajar2 lagi..supaya nanti bisa jadi Istri yang bisa selalu membhagiakan suami, anak , orang tua dan mertua..Amien

Si Ditie mengatakan...

ir, aku terinspirasi baca blog kamu yg mahar loh.
gara2 kamu post link itu, aku baca2, dan jadi kepikiran kl pengetahuanku blm banyak dan blm nambah..

mari kita belajar sama2 :)

superstar mengatakan...

me love it... selesai baca 1 tulisan atau buku, makin sering timbul pertanyaan di kepala gue "siap kah lahir batin?"

dan sampe saat ini gue blm mampu buat jawab (apapun jwbnnya.....)

yuks belajar bersama ^_*

Posting Komentar