April 12, 2011

suvenir oh suvenir

Minggu ini saya dipuh-sing-kan dengan su-ve-nir per-ni-ka-han.. haiks.. tadinya karena si ibu punya usaha catering kelas RT, kita mau beli sendok2 cantik. Tp berhubung pas kakak gw nikah udah ngasih itu, jadilah dicoret. Moso tamunya 2 kali dpt sendok. Hihi. Trus nyokap woro2 bilang ga mau yang STD alias standar. Lah mak, kl ga standar pan mahal yak? Mau ngasih tatakan gelas yg cakep kaya dirumah. Ntu aje dulu belinya di pasaraya mak. Bukannya pelit sama tamu, tpi pan mending di tambahin makanannya. (gw yakin tamu lebih senang kl variasi makanannya banyak)

Yah begitulah.. akhirnya saya mulai hunting.. si tatakan gelas ini. Browsing 7 hari-7malem. Sortir.. dapet lah kandidatnya.. pampampam (soundtrack please)

Toko souvenir onlen 1 (via telpon) pertamanya telpon ga diangkat, trus sms masuk “ini siapa ya?” langsung saya telpon:

Saya                 : mbak, saya mau Tanya tatakan gelas rajut kode ini (nyebutin angka)
Penjual             : waduh, apa tuh ya mbak?
Saya                 : tatakan gelas mbak.. yg rajut, tertulis harganya 7700 isi 3, kl saya ganti isinya 2 boleh?
Penjual             : iya harga 7700 isi 3 home made
Saya                 : kl isinya 2 aja gimana mbak?
Penjual             : rajut mbak, 7700 isi 3
Saya (mulai cemas): iya, itu kan isi 3, kl misalnya saya ambil 2 aja harga nya gimana?
Penjual             : jadi gini mbak, alas gelas itu rajut, bukan yang biasa. Harganya udah 7700.
Saya                 : (ilfeeell krn pertanyaan saya ga kejawab) yowes, makasih

Penjual 1 coreeeettt. Next!

Saya ke penjual 2 onlen juga (yang ini di web nya gambarnya 1 plastik isi 1). saya telpon dr jam 4, 6, dan jam 8 malem ga pernah diangkat. Sampe saya sms. (teksnya kurang lebih gini)

Saya        : halo saya mau tanya kl saya liat di web kan 1 kemasan isi 1. per piecenya 1300. Kl saya mau 1 paket souvenir isi 3 alas gelas gelas brapa ya harganya?
Penjual  : maksutnya 3 jenis dalam apa ya? Min 100 pc
Saya        : iya, kl untuk 1 bingkisan souvenir kan isinya 1 alas gelas. Kl misalnya 1 bingkisan suvenir isinya 3, bisa ga? jatohnya brapa? Saya rencana mau pesan buat 500 org.

(mulai curiga kl dijelasin d isms ga bakal ngerti yg mau, jd langsung saya telpon tp dimatiin 2 kali)

Saya     : Boleh saya telpon untuk lebih jelasnya
Penjual  : Kita ga sedia paketan sista, satuan aja. Gelasnya gak jual.. tq. lg di kampus, ada dosen lah, dia mikir paket itu gelasnya termasuk, bukan itu pertanyaan saya mbakyu
Saya      : Itu souvenir pernikahan kan? krn gw curiga jgn2 dia jualan untuk kodian di web gambarnya 1an diplastikin gitu, dikemas. Jadi saya pikir itu dikemas kaya souvenir. Jadi jualnya per 100 gitu ya?
Penjual : Iya dah dikemas plastic.. min 100 pc
Saya        : 1 kemasan plastic isi 100 gitu? jadi slama ini gw bilang 1 kemasan itu dia ngiranya 1 kemasan isi 100. huufff
Penjual: Iya sista betul..
Saya     : (udah malas jawab) ini gw yg terlalu sulit pake bahasanya apa dia yg ga ngerti2 ya?
Penjual: Iya satu buah dah diplastikin (dia sms lagi)

Nah kan? dia koreksi sendiri.. jadi dia baru paham kl 1 kemasan yg saya maksut adalah kemasan yg siap dibagikan ke tamu. So? Pertanyaan gw ga kejawab! Bisa ga 1 kemasan yg untuk 1 tamu itu diisi 3? benar2 misteri..

Konon, gambar web nya itu sodara2: 1 kemasan plastik berpita, isi 1 alas gelas. Mungkin, memang jualnya 100 kemasan dalam 1 plastik besar. sperti suvenir2 yg dijual di asemka gitu, kan udah diacer/dipak per 100. jadi dia bolak balik bilang dia jualnya 1 kemasan 100 pc. Ow oww.. Too bad, saya ngerti jualan anda, tp anda ga ngerti pertanyaan saya

In My Opinion, Kl niat jualan online dan naro nomor telpon di web nya, tandanya dia siap kl ada orang nelpon dan nanya. mengetahui barang apa saja yg di etalase web adalah keharusan. Menelpon dan menjelaskan kembali hal2 yang dia tidak mengerti juga disarankan. Jadi miskom masalah pertanyaan calon pembeli dapat dihindarkan.

Mending gw hunting ke pasar mayestik atau mester dah ketauan bs ketemu muka.

4 komentar:

Nenny Kartowardoyo mengatakan...

salam kenal...
susah juga ya nghadapin penjual yg agak dongdong gitu..mndgan lngsung ke TKPna aja dear...
semangat ya...

Si Ditie mengatakan...

hi nenny,. salam kenal..

iya nih, enakan belanja langsung ya?
kemarin agak terpaksa karena lagi banyak kerjaan.
hihi.

terimakasih loh

SiapaSayaSiapaAnda mengatakan...

:))
y aye jg pernah ngalamin gituan.

antara gak konaX ato 'alesan' biar ga ditawar / mereka ga mo ribed dgn custom reQuest

;))

Si Ditie mengatakan...

Hi irvanairlangga,
hihi.. pernah ngalamin juga ya? kayanya bener deh, mereka ga mau ribet dgn custom request dr kita. Kalo emang gitu, bilang atau tulis aja ya? hihi. kaga bikin esmosi gitu

makasih udah mampir :)

Posting Komentar